CEK BERSAMA GERBANG SAMUDRA RAKSA

Pengembangan Candi Borobudur sebagai wisata unggulan didukung  adanya sarana dan prasarana kemudahan akses menuju kawasan Borobudur, termasuk dengan dibangunnya empat bangunan titik penanda arah masuk daerah candi. Keempat situs gerbang masuk adalah Gerbang Singa di Palbapang, Mungkid merupakan pintu masuk dari arah Yogyakarta. Selanjutnya masih di Mungkid, Blondo ada Gerbang  Kalpataru sebagai gapura masuk apabila datang dari Semarang. Pintu berikutnya Gerbang Ganesha (Gajah) yang dibangun di Kembanglimus, Borobudur yang berfungsi menjadi tanda masuk dari Purworejo. Gerbang Klangon atau lebih dikenal dengan Gerbang Samudra Raksa ditujukan bagi pengunjung Borobudur dari Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) berlokasi di Klangon, Banjaroya, Kalibawang, Kulon Progo.

Gerbang-gerbang penanda masuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Candi Borobudr merupakan Barang Milik Negara (BMN) yang dibangun Kementerian PUPR. Untuk Gerbang Samudra Raksa akan dihibahkan kepada Pemerintah Kabupaten Kulon Progo menjadi Barang Milik Daerah (BMD).

Peralihan BMN Gerbang Klangon menjadi BMD mengalami perkembangan proses hibah setelah diadakannya kegiatan Kunjungan Bersama ke Lokasi Kegiatan Dalam Rangka Serah Terima Aset Paket Penataan Kawasan Gerbang Klangon, KSPN Borobudur. Cek lokasi ini diikuti oleh perwakilan Pemerintah Pusat dan Pemkab Kulon Progo. Dari pihak pemberi hibah diwakili tim dari Biro Umum Kementerian Sekretariat Negara, Biro PBMN
Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman, dan BPPW Provinsi D.I Yogyakarta. Pemkab Kulon Progo diwakili dari unsur Dinas Kebudayaan, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang dan BKAD.

 

Pengecekan bersama paket kegiatan penataaan Kawasan Gerbang Klangon, KSPN Borobudur ini dilaksanakan sebagai syarat  hibah BMN  dimaksud. Kedua belah pihak mengetahui barang yang akan diserahterimakan, meliputi lokasi, kondisi, nilai dan data pendukung lain dari Kementerian PUPR. Pelaksanaan cek fisik bersama ini  menjadi upaya percepatan  proses hibah BMN.

Seperti diketahui bahwa Gerbang Samudra Raksa ini telah menjadi landmark ikonik di Kapanewon Kalibawang dengan komplek yang terdiri dari replika kapal besar yang menjadi obyek  utama dan bangunan ombak lautan di seberangnya menyambut dengan tulisan Selamat Datang di Kawasan Borobudur. Gerbang Klangon ini juga dimaksudkan sebagai rest area yang dilengkapi dengan bangunan untuk ruang usaha.

Hasil tinjauan teknis ini didokumentasikan dengan Berita Acara Cek Fisik yang masing-masing pihak menyepakati hibah BMN yang mempunyai nama paket kegiatan Pembangunan KSPN Borobudur Gerbang Klangon Kabupaten Kulon Progo dengan tahun pembangunan 2020. Sebagai tindak lanjutnya Kementerian Sekretariat Negara akan memproses Surat Persetujuan Presiden atas pemindahtanganan BMN dan kemudian menyampaikannya kepada Menteri Keuangan c.q. Direktur Jenderal Kekayaan Negara.