Sosialisasi Pemanfaatan Air Tanah Sebagai Upaya Meningkatkan Potensi Pendapatan Pajak Daerah

KULON PROGO-Berbagai upaya perlu dilakukan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kulon Progo selaku Instansi yang mengelola pajak daerah, pada tanggal 19 Juli 2022 melakukan Sosialisasi Pemanfaatan Air Tanah. Selain sebagai sarana untuk memberikan pengetahuan kepada pelaku usaha yang melakukan pengambilan air tanah terkait dengan perizinan sekaligus mendapatkan potensi Pajak Air Tanah.

Sosialisasi tersebut menghadirkan tiga narasumber dari instansi yang terkait yaitu Ibu Nuri Achadiyanti, SH, M.Si dari Dinas Perizinan dan Penanaman Modal DIY, Bapak Ir. PRAMUJI RUSWANDONO, M.Si. dari Dinas PUP-ESDM DIY serta Bapak Eko Wisnu Wardhana, S.E. selaku Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kulon Progo. Sedangkan peserta sosialiasi adalah Wajib Pajak Air Tanah yang ada di Kabupaten Kulon Progo.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa sebagian besar pelaku usaha yang melakukan pengambilan air tanah belum memiliki dokumen perizinan. Dengan acara ini diharapkan wajib pajak yang belum memiliki izin untuk dapat segera mengurus ke DPPM DIY yang beralamatkan di Jalan Gedong Kuning Yogyakarta.

Secara umum Mekanisme Umum Perizinan Air Tanah diawali dengan Pengajuan permohonan Izin Pengeboran Air Tanah/ Pengusahaan Air Tanah oleh Pelaku Usaha kepada DPPM DIY, kemudian DPPM DIY meminta Rekomendasi Teknis kepada Dinas PUP-ESDM DIY. Setelah itu Dinas PUP-ESDM DIY memberikan Rekomendasi Teknis kpd DPPM DIY. Proses terakhir, berdasarkan Rekomendasi Teknis dari Dinas PUP-ESDM DIY, DPPM DIY akan menerbitkan Izin atau tdk menerbitkan Izin.  Berikut nomor pelayanan DPPM untuk Pengambilan dan Tracking Berkas 0813 2747 2721 sedangkan untuk Pengajuan Berkas dan Konsultasi di nomor 0812 2840 6644

Terkait dengan Pajak Air Tanah, berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo No 6 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah, pengertian Pajak Air Tanah adalah pajak atas pengambilan dan/atau pemanfaatan air tanah. Sedangkan pengertian Air Tanah adalah air yang terdapat dalam lapisan tanah atau batuan dibawah permukaan tanah.

Setiap bulan berdasarkan Nilai Perolehan Air yang diterbitkan oleh Gubernur,  Pajak Air Tanah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Pajak Air Tanah ditetapkan dengan menggunakan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah). Dengan SKPD inilah nantinya Pajak Air Tanah dibayarkan kepada Pemerintah melalui BKAD atau BPD DIY selaku Bank Pengelola Kas Daerah.