Pembahasan Kebijakan Pendapatan Daerah pada KUA PPAS Tahun 2023

Kamis (30/06) Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kulon Progo menyelenggarakan rapat pembahasan kebijakan pendapatan daerah pada KUA PPAS Tahun 2023. Rapat yang dipimpin oleh Kepala Bidang Anggaran ini membahas tentang kebijakan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pendapatan Transfer, dan Lain-lain Pendapatan Daerah yang Sah.

Pemerintah daerah selalu berupaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dengan berbagai strategi dan mekanisme di antaranya dengan mengoptimalkan berbagai sumber pendapatan yang ada dengan berupaya meningkatkan realisasinya. Namun, masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi di antaranya  terkait regulasi tata kelola pendapatan, kurangnya kesadaran masyarakat akan pajak dan retribusi, belum optimalnya pengelolaan sistem informasi database wajib pajak, belum optimalnya pengelolaan BUMD, serta belum tercukupinya SDM baik dari segi kuantitatif maupun kualitatif.

Dari kendala tersebut kebijakan daerah yang ditempuh dalam meningkatkan pendapatan daerah antara lain pembaharuan penyusunan/penetapan regulasi yang berkaitan dengan pendapatan daerah, peningkatan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, peningkatan sarana dan prasarana sistem informasi, peningkatan sarana prasarana dan inovasi pada objek wisata, peningkatan kualitas dan kinerja BUMD, serta peningkatan kuantitas dan kualitas SDM pengelola pajak dan retribusi daerah.