SIMULASI SIM-ASB DENGAN PT SWASABA RISET INISIATIF

 

Rabu (13/04) Badan Keuangan dan Aset Daerah melaksanakan rapat simulasi penggunaan SIM-ASB bersama PT Swasaba Riset Inisiatif (PT SRI) yang diselenggarakan di Hall Room Yudistira Bank Kulon Progo, Pengasih. Rapat ini menghadirkan 40 perencana OPD se-Kabupaten Kulon Progo.

Tim PT SRI menyampaikan bahwa para pengguna ASB antara lain: 1) OPD, dalam rangka pengimplementasian anggaran berbasis kinerja; 2) TAPD, untuk menilai kewajaran volume belanja tiap rekening dan kebenaran harga satuan bagi kegiatan yang belum memiliki SSH; 3) DPRD, dalam rangka pengawasan dan evaluasi pelaksanaan APBD; 4) Inspektorat Daerah (APIP), sebagai instrumen kepatuhan; dan 5) auditor eksternal, sebagai metode penentuan efisiensi. Sementara indikator keberhasilan penggunaan ASB yaitu komitmen dari Kepala Daerah dan TAPD; output SIM ASB harus menjadi input dalam sistem perencanan dan penganggaran; SIM ASB harus memudahkan;  SDM perencana harus mememiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam mengimplementasikan SIM ASB; SIM ASB berintegrasi dengan aplikasi perencanaan di daerah; dan TAPD memiliki pengetahuan yang baik dan benar tentang ASB beserta implementasinya.

Ibu Sri Sugiyarti, S.E. selaku Kepala Bidang Anggaran menyampaikan terkait perlunya simulasi penggunaan SIM-ASB yang nantinya akan digunakan sebagai salah satu dasar untuk penyusunan Pra RKA Tahun 2023.