Koordinasi Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Kalurahan Glagah

Bertempat di Balai Kalurahan Glagah pada hari Kamis  (7/4/2022) Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) melaksanakan koordinasi Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2). Hadir Lurah, Pengelola Pajak dan Dukuh - dukuh. Sigit Pramono Selaku Lurah Glagah memberikan sambutan sekaligus mendampingi acara tersebut.

Saat melaksanakan kegiatan koordinasi Pajak Bumi dan Bangunan Lurah  meminta kepada Dukuh untuk mempercepat pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tahun 2022 sekaligus melakukan upaya penagihan. Selain itu juga ingin mendengarkan kendala di lapangan terkait tunggakan pajak PBB-P2.

Dalam kesempatan ini dari BKAD Kulon Progo yang diwakili oleh sdr Sarini selaku staf Penagihan Pajak Daerah menyampaikan, “Jika masyarakat sudah menerima SPPT maka hukumnya wajib membayar tanpa harus ditagih, namun kami menyadari masih ada sebagian masyarakat yang susah membayar Pajak PBB-P2 oleh karena itu tugas kita untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya Pajak”.

Paryoko selaku Dukuh  Padukuhan Bebekan menyampaikan permasalahan yang ada dilapangan. SPPT 2022 yang telah diterima tidak sesuai tunggakan yang telah di bayar ditahun 2021 muncul di SPPT 2022 atas permasalahan ini Paryoko mengharapkan solusi dari BKAD agar dalam penyampaian SPPT dan juga Penagihan Pajak dapat berjalan lancar.

Ditanggapi oleh sdr Nanang Sutopo bahwa permasalahan yang disampaikan. “untuk SPPT yang muncul tunggakan padahal sudah dibayar agar dikumpulkan jadi satu, lalu dilampiri surat keterangan kalurahan dan dikembalikan lagi ke Kantor BKAD selanjutnya  BKAD akan segera mengganti dengan SPPT yang sesuai”.

Lurah berharap monitoring ini dapat mengatasi kendala di lapangan sehingga dapat meningkatkan realisasi PBB di Kalurahan Glagah untuk tahun 2022.