ZOOM FGD PRE-EVENT FEKDI 2021

Pada hari Selasa (30/3/2021) bertempat di Ruang Rapat Kalibiru, Bapak Astungkoro (Sekretaris Daerah) didampingi Bapak Eko Wisnu Wardhana (Kepala BKAD) beserta perwakilan dari beberapa SKPD menghadiri Zoom FGD “Akselerasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) dalam rangka Optimalisasi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan narasumber antara lain Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan (Kemenko Perekonomian), Dirjen Bina Keuangan Daerah (Kemendagri), Kepala Grup Sistem Pembayaran Ritel (BI), Direktur Pendapatan Daerah (Kemendagri), Direktur IT-Treasury-International Banking (BJB), Gubernur Jambi, dan Bupati Bulungan.  

Secara nasional PAD kabupaten/kota masih relatif kecil yaitu dibawah 10% sehingga diperlukan upaya percepatan peningkatan PAD salah satunya melalui peran ETPD (Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah). ETPD dapat meningkatkan efisiensi, kemudahan dan inklusivitas transaksi keuangan Pemda yang selanjutnya dapat menjadi modal dasar pertumbuhan ekonomi yang kuat, seimbang, inklusif dan berkelanjutan. ETPD berkontribusi terhadap peningkatan PAD sebesar 11,1%, yoy (SNKI, Nov 2019).

Keppres No.3 Tahun 2021 memberi amanat kepada Pemda untuk membentuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) sebagai forum koordinasi antar stakeholders di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, selanjutnya Pemda menyusun roadmap dan action plan TP2DD. Bank Indonesia siap mendorong ETPD di tingkat pusat maupun daerah melalui peran aktif dalam satgas P2DD dan TP2DD.

Pentingnya pengembangan ekosistem dan inovasi digital payment dalam rangka mendorong perluasan akseptansi transaksi non tunai di masyarakat. Selain melalui inovasi, pengembangan digitalisasi harus diperkuat secara bersama-sama dalam bentuk kolaborasi serta sinergi antarlembaga, dan semua pemangku kebijakan.