SOSIALISASI PELAKSANAAN PEMUNGUTAN PBB P2 TAHUN 2021 DI KAPANEWON LENDAH

Kesadaran dan kepedulian sukarela wajib pajak untuk membayar pajak secara tepat waktu merupakan pondasi kokoh sebuah negara untuk melaksanakan pembangunan di segala bidang dalam upaya mencapai kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Karena pajak memiliki kontribusi yang sangat besar  sebagai pendapatan sebuah negara.

Sampai sekarang kesadaran masyarakat membayar pajak masih belum mencapai tingkat sebagaimana yang diharapkan. Diperlukan upaya untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya taat membayar pajak.

Upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak PBB Perdesaan Perkotaan, BKAD Kulon Progo melakukan sosialisasi. Sosialisasi tahap pertama dilaksanakan di Kapanewon Lendah. Selaku Narasumber sosialisasi adalah Panewu Lendah Sutrisna, S.Sos, Tim BKAD Kabupaten Kulon Progo yang dipimpin oleh Kepala Bidang Penagihan Pajak dan Pengembangan Pendapatan Daerah, Agung Wibowo, S.Sos. Jumlah SPPT di Kapanewon Lendah 29.923 lembar SPPT dengan nominal Rp. 1.629.368.465,00.

Pada saat sosialisasi berlangsung ada 2 pedukuhan yang sudah lunas dan 6 pedukuhan sudah diatas 50%. Pembayaran perdana di Kapanewon Lendah untuk PBB P2 sejumlah Rp. 95.068.925,00.

Diharapkan kepada seluruh masyarakat Kapanewon Lendah untuk taat pajak dan membayar tepat pada waktunya. Kemudian juga diberitahukan bagi masyarakat yang belum memahami ataupun adanya kekeliruan pada SPPT untuk segera melaporkan dan memberitahukan kepada Kapanewon atau Kalurahan untuk selanjutnya dilaporkan ke BKAD Kabupaten Kulon Progo. Juga akan adanya sanksi bagi masyarakat yang tidak mau membayar pajak yang berakibat merugikan masyarakat itu sendiri. Mulai tahun 2021 di sppt di cantumkan barcode, sehingga wajip pajak dapat melihat risalah pembayaran sejak tahun 1995