RAPAT PEMBAHASAN RANCANGAN PERATURAN BUPATI TENTANG PENDAPATAN HIBAH

Pada hari Rabu (10/3/2021) bertempat di RR BKAD I, Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) melalui Bidang Perbendaharaan mengadakan rapat pembahasan rancangan Peraturan Bupati tentang Pendapatan Hibah.

Rapat dihadiri oleh Bapak Risdiyanto Nugroho (Sekretaris BKAD), Bapak Agus Wiyono Raharja (Inspektorat Daerah Kulon Progo), Noviana Ernawati (Bagian Hukum, Setda), Ibu Atik Zuniastuti (Kepala Bidang Anggaran BKAD), Bapak Nur Hadiyanto (Kepala Bidang Perbendaharaan BKAD), Ibu Sri Sugiyarti (Kepala Sub Bidang Belanja), Ibu Sandhatya Sarigani (Kepala Sub Bidang Pengelolaan Kas) dan staff Bidang Perbendaharaan.

Bapak Nur Hadiyanto menyampaikan rancangan Peraturan Bupati tentang Pendapatan Hibah terdiri dari 5 Bab 10 pasal yaitu Bab I Ketentuan Umum (Pasal 1), Bab II Pendapatan Hibah (Pasal 2),  Bab III Tata Cara Penerimaan (Pasal 3,4), Bab IV Mekanisme Pelaporan (Pasal 5,6,7,8,9) dan Bab V Ketentuan Penutup (Pasal 10).

Noviana Ernawati memberikan masukan agar tindak lanjut BPK bias menjadi konsideran Peraturan Bupati. Sedangkan, Ibu Atik Zuniastuti memberikan masukan Bab II Pasal 2 terkait hibah langsung yang diterima dalam periode tahun berjalan dan dimungkinkan untuk dimasukkan dalam dokumen perubahan anggaran pada saat penyusunan perubahan anggaran, maka hibah langsung dapat beralih menjadi hibah yang direncanakan agar dari sisi pendapatan, dapat dicatat, diukur, disajikan dan diungkapkan dalam dokumen anggaran serta dari sisi belanja dapat dialokasikan sesuai dengan program/kegiatan yang menjadi tupoksi SKPD.

Hasil kesepakatan seluruh peserta rapat yaitu tambahan Bab III Pasal 3 tentang Berita Perjanjian Hibah sekurang-kurangnya memuat : para pihak dan alamat yang jelas, maksud dan tujuan, hak dan kewajiban, jangka waktu, nilai uang dari hibah, dokumen-dokumen yang disertakan, serta lain-lain yang perlu. Selain itu, tambahan Bab IV Pasal 6 : Apabila terdapat sisa dana hibah langsung dicatat sebagai SILPA dan disetor ke Kasda.