PELATIHAN/BIMTEK SIM BPHTB ONLINE BAGI NOTARIS PPAT SE- KABUPATEN KULON PROGO

Pelatihan/bimtek Sim BPHTB Online bagi Notaris PPAT diselenggarakan dalam waktu 3 hari atau dalam 6 sesi/kelompok yaitu Selasa s.d Kamis, tanggal 15 s.d 17 Desember 2020. Hal ini dilakukan dalam rangka menerapkan protokol kesehatan (physical distancing) pencegahan Covid-19 dari 109 Notaris PPAT dibagi dalam 6 sesi/kelompok dimana setiap sesi terdiri dari 18 Notaris PPAT ditambah staf notaris yang memahami IT.

Acara Pelatihan/bimtek Sim BPHTB Online bagi Notaris PPAT dibuka oleh Kepala BKAD Kabupaten Kulon Progo Bp Eko Wisnu Wardhana,SE. Dalam sambutannya Kepala BKAD menyampaikan bahwa dalam rangka menindaklanjuti Program Korsupgah KPK RI guna pencegahan korupsi maka pembayaran pajak daerah diharapkan dengan sistem non tunai dengan sarana aplikasi pajak daerah. Disamping itu dalam rangka mendukung Program ETP (Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah) yang digagas oleh Bank Indonesia (BI) maka Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dalam hal ini BKAD berupaya membangun aplikasi pajak daerah online salah satunya sim BPHTB Online.

Juga dalam rangka menindaklanjuti program dari Pusdatin BPN Pusat bahwa seluruh Kabupaten/Kota diharapkan melakukan host to host (H2H) BPHTB Online antara BKAD, Kantah dan Bank Persepsi (Bank BPD DIY).

Sim BPHTB Online telah dibangun BKAD sejak akhir tahun 2019 dengan vendor CV Indo Tech Solution Kota Magelang, namun sim tersebut masih memerlukan penyempurnaan dan maintenance sehingga baru bisa disosialisasikan kepada Notaris PPAT pada bulan Desember ini dengan harapan mulai bulan Januari 2021 sudah dapat diterapkan di Kabupaten Kulon Progo.

Hadir dalam acara Pelatihan/bimtek Sim BPHTB Online diantaranya dari BPN, Dinas Kominfo, Ketua IPPAT Kab.Kulon Progo Ibu Arianie Wulandari,SH, M.Kn; Bank BPD DIY Cabang Wates serta Tim IT CV Indo Tech Solution yang dipimpin Bp Andy Prasetyo dari Kota Magelang. Acara Pelatihan/bimtek berjalan dengan baik dan lancar dengan tetap mematuhi proto