PPID AWARD SEBAGAI MEDIA EVALUASI DAN PENINGKATAN PENGELOLAN DAN PELAYANAN INFORMASI BADAN PUBLIK

Bahwa keterbukaan informasi publik merupakan hal yang sangat penting bagi era demokrasi. Saat ini sudah menjadi kewajiban setiap Badan Publik membuka akses bagi setiap pemohon informasi public guna mendapatkan informasi, kecuali beberapa informasi yang dikecualikan. Demikian disampaikan Wakil Bupati Kulon Progo Fajar Gegana dalam sambutannya pada Puncak acara Penghargaan PPID Award 2020 kabupaten Kulon Progo di aula Adhikarta Pemkab Kulon Progo, Selasa 8/12.

Lebih lanjut Wakil Bupati berharap PPID harus bekerja keras, mengoptimalkan fungsi dan perannya dengan meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi di lingkungan Badan Publik masing masing untuk menghasilkan layanan informasi berkualitas.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Komisi Informasi Daerah (KID) DIY Rudi Nur Handoko, S.Si, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo dan semua Kepala OPD Se Kabupaten Kulon Progo.

Dalam laporannya Kepala Dinas Kominfo menyampaikan bahwa kegiatan PPID award merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Dinas Kominfo, yang bertujuan mengevaluasi, memberikan penilaian dan penghargaan atas pelaksanaan kegiatan PPID Pembantu di OPD dalam melakukan pengelolaan informasi sesuai Undang Undang yang berlaku. PPID Award dibagi dua kategori , kategori OPD dan kategori Kapanewon. Untuk kategori OPD peringkat pertama diraih oleh Bappeda, peringkat kedua DPMPT peringkat ketiga Dinas Kominfo. Untuk BKAD meraih peringkat kedelapan.

Untuk kategori Kapanewon peringkat pertama diraih oleh Kapanewon Kalibawang, peringkat kedua Kapanewon Nanggulan dan Peringkat ketiga Kapanewon Pengasih.