MONITORING PELAKSANAAN MCP KPK KUNJUNGI PEMKAB KULON PROGO

Dalam rangka melaksanakan supervisi penyelenggaraan Pemerintahan, Pada tanggal 30 November 2020 bertempat di Ruang Rapat Kiskendo KPK melakukan audiensi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo. Hadir dalam acara tersebut Jajaran Korsupgah KPK Korwil VIII Kumbul Kusdwijanto Sudjadi, Dian Patria, Ruth Silvia, Freis Mount Wongso, Roro Wide Sulistyowati, Trianto Adhi Wardono, Zul Bahari,dan Sri Purwanti. Dan diterima oleh Wakil Bupati Kulon Progo, Sekretaris Daerah, Asisten administrasi Umum  Sekretariat Daerah, Inspektur Daerah , Asisten Perekonomian, Pembangunan dan sumber Daya Manusia Sekretariat Daerah, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kulon Progo.

MCP ( Monitoring Control For Prevention ) merupakan alat ukur yang dibuat oleh KPK pada Aplikasi JAGA.id dalam upaya mencegah terjadinya tindak pidana korupsi dengan  tujuan mendorong perbaikan sistem, regulasi serta terpenting implementasi sistem pengelolaan yang lebih transparan. Kolaborasi perbaikan tata kelola pemerintahan antara KPK dengan Kepala daerah se Indonesia, untuk mewujudkan akuntabilitas, dan transparansi dari pemerintah kepada masyarakat dalam hal penyelematan keuangan dan asset daerah.

Beberapa hal yang menjadi focus Pemerintah kabupaten Kulon progo meliputi Perencanaan dan Penganggaran, Optimalisasi Pajak Daerah, dan Manajemen Aset,.