AUDIT ASET DAERAH : PASCA APEL KENDARAAN DINAS KEMUDIAN INSPEKSI INVENTARIS STRATEGIS

Salah satu bagian agenda pemeriksaan Barang Milik Daerah Tahun 2020 oleh Inspektorat Daerah Kab. Kulon Progo dilaksanakannya apel kendaraan dinas. Penyelenggaraan apel tersebut mulai hari Senin, 2 November 2020 sampai dengan Rabu, 4 November 2020 di halaman Pemda Kulon Progo.  Adanya keterbatasan tempat apel ini disiasati dengan  menjadwal waktu apel kendaraan dinas tiap OPD.

 Kendaraan dinas Badan Keuangan dan Aset Daerah diberi waktu di hari kedua pukul 08.00 – 10.00 WIB. Jumlah kendaraan total  44 unit yang terdiri 5 kendaraan roda empat dan 39 unit sepeda motor. Tim penilai dari inspektorat Daerah melakukan pengecekan menyeluruh secara fisik, kondisi kendaraan, dan dokumen baik BPKB dan STNK serta pencatatannya dalam Buku Inventaris.

Hasil pemeriksaan fisik semua kendaraan yang terdaftar dalam Buku Inventaris BKAD ada dan diikutkan dalam pemeriksaan apel. Bukti dokumen kepemilikan berupa BPKB tersedia, STNK juga ada.  Kondisi kendaraan baik mencakup mesin kendaraan yang bisa dioperasikan, lampu-lampu kendaraan, sistem pengereman, dan klakson dapat berfungsi. Adapun pemeriksaan nomor rangka dan mesin kendaraan sesuai dengan data kendaraan.

Setelah tahapan apel kendaraan selesai auditor Inspektorat Daerah melanjutkan dengan pemeriksaan aset daerah non kendaraan dinas yang akan dimulai hari Kamis, 6 Oktober 2020 di masing-masing kantor OPD. Obyek pemeriksaan ini secara umum mengobservasi meliputi aset tanah, peralatan dan mesin, bangunan dan gedung, jalan irigasi dan jaringan, aset tetap lainnya, serta konstruksi dalam pengerjaan yang tercatat dalam Kartu Inventaris Barang OPD. Secara khusus auditor internal pemda juga menekankan pemeriksaaan pada aset-aset strategis yang mudah berpindah pengguna, seperti laptop, komputer, scanner, kamera, komputer, scanner, dan lain-lain.

Dokumen yang disyaratkan ada untuk pemeriksaan aset pasca apel kendaraan dinas antara lain Kartu Inventaris Barang, Buku Inventaris, Kartu Inventaris Ruangan, Daftar Usulan Penghapusan, dan Dokumen mutasi aset tetap. Kertas kerja pemeriksaan dan dokumen aset tersebut dicetak dari SIM-Aset yang telah dilengkapi fasilitas form audit yang bersifat khusus, dalam hal ini karena adanya pemeriksaan aset oleh Inspektorat Daerah Kab. Kulon Progo.