PERSIAPAN APEL KENDARAAN DINAS PEMDA KULON PROGO

Sehubungan akan dilaksanakannya apel besar kendaraan dinas milik Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, BKAD turut mendukung persiapannya dengan membuka Rapat Koordinasi Persiapan Teknis Apel Kendaraan Dinas pada hari Selasa, 27 Oktober 2020 bertempat di Ruang Rapat BKAD II.
Peserta rapat dari Inspektorat Daerah, Bagian Rumah Tangga Sekretariat Daerah, Dinas Perhubungan, dan Satuan Polisi Pamong Praja.
Kepala Bidang Aset menyampaikan rencana Pelaksanaan Apel Kendaraan pada tanggal 2 s.d. 4 November 2020 bertempat di Halaman Pemda Kabupaten Kulon Progo yang akan dibuka langsung oleh Bapak Bupati Kulon Progo.
Terkait penggunaan halaman kompleks Pemda Kulon Progo yang akan digunakan sebagai tempat apel, maka parkir kendaraan roda dua karyawan dan tamu disilakan parkir di area sebelah barat Gedung Binangun III, sebelah timur BKPP, utara dan selatan BKAD dan timur Bappeda. Kendaraan roda empat disediakan tempat parkir di Selatan halaman Pemda (Jl. Perwakilan, Wates).
Apel kendaraan dinas secara teknis oleh Tim Inspektorat Daerah yang akan melakukan cek fisik kendaraan, nomor mesin dan nomor rangka beserta dolumen kepemilikan (BPKB) dan STNK kendaraan. Form-form pemeriksaan kendaraan dinas disiapkan oleh pengurus barang dengan mencetak dari SIM-Aset yang telah diperbarui. Di samping itu akan dicermati data kendaraan tersebut dalam Kartu Inventaris Barang dan Buku Inventaris masing-masing OPD.
Kegiatan apel kendaraan dinas ini merupakan salah satu kegiatan uji petik atas laporan barang milik daerah dari OPD. Setelahnya tim pemeriksa Inspektorat Daerah akan melaksanakan pemeriksaan barang milik daerah antara lain tanah, peralatan mesin (non kendaraan dinas), gedung dan bangunan, jalan irigasi dan jaringan, aset tetap lainnya, dan konstruksi dalam pengerjaan.
Dari rangkaian pemeriksaan aset tersebut bertujuan untuk tercapainya target percepatan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2020 yang dijadwalkan selesai seluruhnya pada akhir minggu kedua bulan Januari tahun 2021.