PANTAU PELAKU USAHA, BELASAN TAPPING BOX DIPASANG

Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Kulon Progo memasang belasan alat perekam transaksi (tapping box) pada tanggal 7-10 September 2020 dengan bekerja sama dengan Bank BPD DIY dengan vendor PT. Cartenz Technology Indonesia untuk memastikan kepatuhan wajib pajak daerah.

Kepala BKAD Kabupaten Kulon Progo, Eko Wisnu Wardhana, SE mengatakan alat tapping box pada tahap pertama dipasang di 13 lokasi usaha. Alat itu diprioritaskan untuk dipasang pada pelaku usaha hotel, restoran dan parkir karena setoran pajak mereka dilakukan secara self assessment. Diharapkan setiap harinya secara realtime data transaksi dari lokasi usaha wajib pajak akan secara otomatis masuk ke database BKAD.

Pemasangan tapping box akan memudahkan BKAD melakukan pengawasan kegiatan ekonomi serta kewajiban pajak yang harus disetor ke kas daerah. Dengan demikian, sarana tersebut dapat menjadi alat yang efektif bagi pemerintah untuk memantau kewajiban pajak yang harus disetor.

Tapping box yang seperti mesin kasir ini bagi pelaku usaha juga bermanfaat untuk dapat mengecek transaksi dari usahanya, walaupun pemilik usaha tidak berada di tempat (usahanya dijalankan oleh orang kepercayaan).

Alat ini juga menjadi bagian dari ETP (Elektronifikasi Transaksi Pemerintah), sehingga kewajiban pajak dapat lebih dapat dipertanggungjawabkan karena ada kepastian transaksi dan perhitungannya.