PENGECEKAN SEKOLAH TERDAMPAK JJLS

Manfaat jalan berguna untuk menyambung dampak berlipat perekonomian di daerah, termasuk di Kabupaten Kulon Progo yang akan dilewati Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang melajur dari Jawa Barat sampai Jawa Timur. Pembangunan jalur ini sudah dimulai sejak tahun 2005.

Jalur jalan lintas selatan yang melintasi Daerah Istimewa Yogyakarta juga melewati Kabupaten Kulon Progo dijadwalkan dibangun tahun 2021. Saat ini sedang dilaksanakan proses persiapan dan pembebasan aset-aset yang terdampak pembangunan jalan lintas selatan empat lajur ini.

Mengantisipasi rencana pembangunan jalan tersebut, pada Selasa, 18 Agustus 2020 Bidang Aset Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) melaksanakan pengecekan terhadap salah satu obyek barang milik daerah yang terdampak pembangunan JJLS, yaitu bangunan gedung SDN Bugel. 

Personil pengecekan Bidang Aset dari Sub Bidang Inventarisasi dan Penilaian (Dwi Janarto Budi Priambodo, S.E.) dan dari Sub Bidang Optimalisasi dan Investasi BUMD (Martinus Supriyana) bersama pihak sekolah. Pengecekan juga melihat dari Buku Inventaris sekolah untuk memastikan aset dimaksud telah dicatat sebagai aset daerah dan mengetahui nilai perolehan aset terdampak yang nantinya akan dihapus dari Daftar Inventaris Pemda.

Adapun hasil pengecekan aset tersebut antara lain lokasi sekolah di Jalan Deandels yang akan dilebarkan untuk JJLS. Barang milik daerah di  SDN Bugel yang terkena pelebaran jalan berupa empat lokal ruang gedung, tempat parkir, dan papan nama sekolah.