NPC KULON PROGO AUDIENSI DENGAN BAPAK BUPATI

Bapak Bupati Kulon Progo pada hari Kamis, 2 Juli 2020, bertempat di Ruang Menoreh Pemkab Kulon Progo, menerima audiensi dari pengurus National Paraolympic Committee (NPC) Kulon Progo. Bapak Bupati pada kesempatan tersebut didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Jumanto, SH, Kepala Bappeda Triyono SIP M.Si, Kepala BKAD Eko Wisnu Wardhana, SE, Kepala Disdikpora Arif Prastowo S.Sos, M.Si, Kabag Kesra Setda Drs. Jazil Ambar Was’an, turut hadir dari KONI Kabupaten Kulon Progo Ketua Umum Bambang Gunoto dan Kusdira. Sedangkan dari jajaran pengurus NPC hadir Ketua NPC Widi Nuryanto, Wakil Ketua Putut Proboseto AN, Wahyu Adi Nugroho, Sutri Aji (atlet menembak peringkat 7 Asia Tenggara), Mahsun Bukori dan Nurnaini Hidayat.

Dalam audiensi dilaporkan tentang prestasi yang diraih pada saat Peparda tahun 2019 yang pelaksanaannya bersamaan dengan Porda DIY. Dalam Peparda 2019 kontingen Kabupaten Kulon Progo diperkuat 49 atlet menempati peringkat IV dengan perolehan medali emas 17, medali perak 9 dan medali perunggu 11. Pada kesempatan tersebut disampaikan bahwa para atlet dan pendamping belum mendapatkan tali asih atas prestasinya yang telah membawa nama baik Kabupaten Kulon Progo.

Pemkab dalam hal ini Bapak Bupati menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi tingginya atas prestasi yang diraih oleh NPC Kulon Progo selaku kontingen pada Peparda DIY Tahun 2019. Pemkab Kulon Progo dalam melayani kepada masyarakatnya tidak membeda bedakan, semua dilayani secara maksimal dan proporsional. Hanya saja terhadap tali asih kontingen Peparda Kulon Progo ini (sebesar Rp. 1.046.000.000,-) memang belum teranggarkan baik di perubahan APBD Tahun 2019 maupun di APBD Tahun 2020. Hal ini disebabkan, karena tali asih Peparda belum tercantum di pos bantuan NPC APBD Murni Tahun 2019, berbeda dengan KONI yang sudah mencantumkan pengiriman dan tali asih kontingen PORDA DIY Tahun 2019.

Pada tahun 2019, proses penganggaran Perubahan APBD tahun 2019 dilakukan di bulan Agustus 2019 (tentu dengan pembahasan sejak bulan Mei 2019 termasuk APBD Murni 2020), sehingga usulan tali asih dari Peparda sudah terlewat baik APBD Perubahan 2019 maupun APBD Murni 2020. Atas dasar tersebut, maka Pemkab akan memasukkan tali asih atlet Peparda di APBD Perubahan tahun 2020, yang direncanakan pembahasannya dengan DPRD dilakukan di bulan Agustus 2020.

Di akhir pertemuan ditambahkan, bahwa jumlah difabel di Kabupaten Kulon Progo sekitar 6.000 orang, sedangkan atlet yang bergabung di NPC sebanyak 150 orang, yang ikut Peparda 49 orang, dan atlet Kulon Progo yang  ikut Pelatda DIY untuk persiapan mengikuti kontingen Peparnas di Papua sejumlah 10 atlet.