Rekonsialiasi Data Final Iuran BPJS Kesehatan atas Tambahan Penghasilan (TPP, TPG, Tamsil Guru dan Jasa Pelayanan Medis)

Menurut Perpres No. 75 Tahun 2019 tentang Perubahan Perpres No. 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan disebutkan bahwa komponen gaji atau upah yang menjadi dasar perhitungan iuran jaminan kesehatan terdiri atas gaji atau upah pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, tunjangan profesi, dan tunjangan kinerja atau tambahan penghasilan bagi PNS daerah.

Di Pemda Kulon Progo gaji atau upah yang menjadi dasar perhitungan iuran tersebut pengelolaannya berada di SKPD yang berbeda beda. Gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan dan tunjangan umum yang melekat pada gaji PNS setiap bulannya pengelolaannya ada di BKAD sedangkan untuk tunjangan yang lainya pengelolaannya berada pada masing-masing SKPD pengampu. TPP di BKPP, TPG dan Tamsil Guru di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Jasa Pelayanan Medis di RSUD dan Dinas Kesehatan. 

Oleh karena itu untuk menyamakan data iuran jaminan kesehatan yang telah disetorkan oleh Pemda Kulon Progo dengan yang telah diterima BPJS Kesehatan telah dilaksanakan Rekonsialiasi Data Final Iuran BPJS Kesehatan atas Tambahan Penghasilan (TPP, TPG, Tamsil Guru dan Jasa Pelayanan Medis) di Ruang Rapat BKAD I Gedung BKAD Kulon Progo pada hari Jumat 26 Juni 2020 mulai pukul 15.00 WIB.

Rapat dihadiri oleh Perwakilan BPJS Kesehatan KC Sleman, Bappeda, BKPP, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, RSUD Wates, RSUD NAS , Plt Kepala Dinas Kesehatan dan Perwakilan dari Puskesmas.  Rapat dibuka oleh Kepala Bidang Perbendaharaan dengan doa dan pengantar materi kemudian dilanjutkan paparan oleh BPJS Kesehatan  KC Sleman dilanjutkan tanggapan oleh Kepala BKAD Kulon Progo dan diskusi.