KOORDINASI DATA ASET : JARINGAN AIR MINUM

Fungsi strategis aset daerah atau barang milik daerah selain sebagai sarana penunjang ketugasan pokok dan fungsi operasional pemerintah daerah, pemanfaatannya dapat diinvestasikan dalam Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Hal ini dilakukan terhadap aset-aset yang lebih optimal bila dikelola oleh BUMD.

Berkaitan proyeksi investasi pemerintah daerah perlu dilakukan koordinasi data aset daerah yang akan menjadi penyertaan modal pemda. Hal ini menjadi pembahasan dalam Rapat Koordinasi Membahas Jaringan Air Minum yang diadakan pada Rabu, 24 Juni 2020 bertempat di Ruang Rapat BKAD, dan dihadiri dari unsur Dinas Pekerjaan Umum, serta Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah.

Dari penelusuran dokumen dan catatan Buku Inventaris Dinas Pekerjaan Umum terdapat aset berupa jaringan air minum yang berasal dari hibah Kementerian PUPR yang diserahterimakan tahun 2019 dan 2020 dengan nilai Rp 7.488.849.739,00, dan Rp 21.288.528.430,00.

Jaringan air minum tersebut akan lebih optimal dikelola Perusahaan Daerah Air Minum yang merupakan BUMD dalam bidang penyediaan air minum. Aset ini direncanakan menjadi penyertaan modal Pemda Kulon Progo kepada PDAM Tirta Binangun sebagai BUMD pengelolanya.