AUDIENSI BUPATI KULON PROGO DENGAN BTN (BANK TABUNGAN NEGARA) SYARIAH

Bupati Kulon Progo pada Rabu, 17 Juni 2020, jam 09.00 WIB menerima audiensi dengan jajaran BTN (Bank Tabungan Negara) Syariah di ruang kerja Bupati, audiensi berlangsung dalam suasana silaturahmi yang sangat akrab dalam mendukung tugas di masing-masing institusi. Hadir dalam audiensi, dari jajaran BTN Syariah Bapak Slamet Wahyudi (Branch Manager PT. BTN (Persero) Tbk Kantor Cabang Syariah Yogyakarta, Ibu Shesharina Ayu W (DBM Business), Bapak Awalludin (Consumer & Commercial Funding Unit Head), Ibu Ariningsih Hidayah (Sub Branch Head). Sedangkan Bapak Bupati didampingi oleh Asisten II (Bapak Bambang Tri Budi H), Kepala BKAD (Bapak Eko Wisnu Wardhana) dan Kabag Perekonomian Setda Kabupaten Kulon Progo (Bapak Adnan Widodo).

Dalam audiensi disampaikan terima kasih atas pertemuan silaturahmi, dan laporan dari BTN Syariah Kulon Progo tentang upaya-upaya dan program yang telah dilakukan (termasuk tabungan haji yang dalam tahun 2019 BTN Syariah Kulon Progo menjadi “Jendral” karena terbaik dalam pengelolaan dan pelayanan tabungan haji), juga dilaporkan tentang program dalam membantu pembangunan perumahan, dll.

Diskusi juga membicarakan tentang pembangunan-pembangunan di Kabupaten Kulon Progo, serta adanya pandemic Covid 2019. Berkembangnya suatu daerah juga bisa dilihat dengan adanya jumlah bank yang beroperasional di daerah tersebut serta jumlah uang yang beredar. Bank yang beroperasional di Kulon Progo sejumlah kurang lebih 10 bank, namun bank yang telah melakukan MoU dengan Kabupaten Kulon Progo ada 12 bank (semoga dengan audiensi akan ditindaklanjuti dengan MoU serta MoA).

Terdapat usulan dari Pemkab, bagaimana BTN Syariah bisa membantu UMKM UMKM yang sedang mengalami krisis akibat Pandemi, juga usulan untuk dapat membuat skema pinjaman bagi para pedagang atau pelaku ekonomi di pasar agar bisa terhindar dari praktek pinjaman berbunga tinggi.