MINIMALISIR USULAN PERGESERAN DAN PERSIAPAN DESK PRA RKA T.A. 2020, BKAD SUSUN MODUL PANDUAN REKENING BELANJA

Sabtu, 13 April 2019 11:23:53 - Oleh : admin

Acara sosialisasi

SKPP: Surat Keterangan Penghentian Pembayaran

MINIMALISIR USULAN PERGESERAN DAN PERSIAPAN DESK PRA RKA T.A. 2020, BKAD SUSUN MODUL PANDUAN REKENING BELANJA

TINGKATKAN LAYANAN PAJAK DAERAH, BKAD KULON PROGO GANDENG PT MPU

LELANG BONGKARAN KAYU PILIHAN

JELANG PENYUSUNAN ANGGARAN TAHUN 2020, TAPD LAKUKAN FINALISASI SHBJ T.A. 2020

Bertempat di Ruang Rapat Sermo [12/04], dilaksanakan sosialisasi Modul Panduan Rekening Belanja untuk penyusunan RKA/DPA di Kabupaten Kulon Progo. Acara dibuka oleh Kepala BKAD dan dipandu oleh Kepala Bidang Anggaran dan Kebijakan Pengelolaan Keuangan. Dalam acara tersebut dihadiri oleh seluruh Kasubag Perencanaan seluruh OPD dan dihadiri pula oleh Pengampu OPD dari Bappeda dan Bidang Anggaran BKAD.

Sebelum disosialisasikan kepada seluruh OPD, sebelumnya telah dilaksanakan rapat pembahasan pedoman rekening tersebut dalam 4 (empat) kali pertemuan. Pembahasan intensif melibatkan internal BKAD (Bidang Anggaran, Bidang Perbendaharaan, Bidang Akuntansi dan Pelaporan), Bappeda dan Inspektorat Daerah. 

Berangkat dari fenomena usulan pergeseran oleh OPD, yang selalu meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan data usulan yang masuk, tercatat sejumlah 62 usulan pergeseran pada tahun 2017, sejumlah 91 usulan pergeseran pada tahun 2018, dan sejumlah 49 usulan pergeseran s.d. Februari 2019. Dari beberapa usulan pergeseran tersebut salah satunya dikarenakan kesalahan dalam penggunaan rekening belanja.

Keterbatasan jumlah personil tim pengampu OPD pada Bidang Anggaran juga menjadi permasalahan tersendiri, karena semakin sedikit personil pengampu maka jumlah ampuan OPD untuk tiap pengampu menjadi lebih banyak, disamping itu dengan adanya batasan waktu penyusunan RKA/DPA dalam tahap perencanaan penganggaran, menuntut pencermatan RKA/DPA harus dilaksanakan secepat mungkin. Oleh karena itu, kemungkinan luputnya pencermatan pada RKA/DPA OPD dapat saja terjadi.

Dengan adanya modul panduan ini, dapat memberikan acuan bagi OPD dalam penyusunan RKA/DPA dan OPD dapat mempelajari jenis-jenis rekening serta definisi setiap rekening belanja, supaya kesalahan penggunaan kode rekening dapat diminimalisir, dan berdampak pada menurunnya jumlah usulan revisi maupun usulan pergeseran anggaran. OPD diharapkan ikut aktif mencermati secara teliti untuk setiap rekening kegiatannya mulai dari proses perencanaan, serta mempertimbangkan proses pelaksanaan dan pertanggungjawaban kegiatan di tahun mendatang.


Dalam acara sosialisasi ini juga turut disampaikan jadwal rencana Desk Pra RKA oleh Kepala Sub Bidang Perencanaan Pembangunan. Input Pra RKA dimulai 22 – 24 April 2019, Desk dengan OPD 25 – 29 April 2019, dan finalisasi RKPD 1 – 3 Mei 2019. 

« Kembali | Kirim | Versi cetak